indonetwork



A.    MENGENAL INDONETWORK
Indonetwork adalah sebuah website e-commerce yang dapat memudahkan anda dalam melakukan bisnis secara online. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2001 silam telah memiliki anggota lebih dari 200.000 anggota dari seluruh wilayah di indonesia dengan fitur-fiturnya yang sangat baik dan lengkap indonetwork dapat semakin memudahkan bisnis anda. Indonetwork sendiri menyediakan berbagai layanan untuk dapat membantu anda dalam mengelolah bisnis berikut jenis layanan indonetwork :
1.      Layanan Gratis
adalah layanan untuk anda jika anda adalah anggota baru dalam indonetwork. disini anda bisa mencoba semua fitur-fitur yang disediakan oleh indonetwork. Meski tidak semua fitur bisa anda dapatkan dengan layanan gratis ini tapi setidaknya anda dapat merasakan keuntungannya meski anda hanya terdaftar sebagai anggota gratis.
2.      Layanan SMS
layanan ini sangat membantu anda untuk mendapatkan setiap informasi jika ada penawaran dagang atau pembelian di dalam akun anda. dan sangat cocok untuk anda yang super sibuk karena anda dapat menerima semua informasi dimanapun anda berada.
3.      Layanan Prioritas
Prioritas memastikan lebih banyak pembeli yang akan melihat dan menemukan situs anda karena perusahaan dan produk anda berada di depan puluhan ribu perusahaan dan produk lainnya.
Keuntungan anggota Prioritas adalah:
·         Meningkatkan pangsa pasar dan jumlah pembeli (buyer) karena Perusahaan berada di kelompok atas Daftar Perusahaan Indonetwork.co.id. Saat ini jumlah anggota Indonetwork.co.id lebih dari 263.519 perusahaan, Indonesia dan mancanegara.
·         Produk akan lebih mudah ditemukan pembeli karena berada di depan ratusan ribu produk lainnya dalam Direktori Dagang Indonetwork.co.id.
·         Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan dari para pelanggan dan calon pelanggan.
·         Mendapatkan layanan pemberitahuan SMS bila ada pesan/penawaran bisnis.

B.     TIPE SISTEM

Indonetwork sendiri merupakan sebuah website marketplace C2C dan B2B (business to business). Dikatakan C2C karena indonetwork merupakan sistem komunikasi dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu yang memiliki karakteristik:
·         Pada lingkup konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen saja, seperti Lelang Barang.
·         Internet dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dan pelayanannya.
·         Konsumen juga membentuk komunitas pengguna atau penggemar suatu produk. Sehingga jika ada ketidakpuasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas melalui komunitas tersebut.
Dan dikatakan pula B2B karena indonetwork merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu dengan karakteristik:
·         Informasi disebarkan secar umum.
·         Pelayanan yang diberikan bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak orang.
·         Pelayanan yang diberikan berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, maka pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut.
·         Pendekatan yang dilakukan adalah Client Server, dimana Konsumen berada pada sisi Client, dengan menggunakan Web Broses untuk mengaksesnya, dan Pelaku Usaha berada pada sisi Server.
Anda bisa menemukan banyak barang disini baik untuk keperluan pribadi atau untuk ekspor.

C.    MODEL BISNIS

Menurut Wikipedia model bisnis adalah pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Karenanya model bisnis adalah inti suatu bisnis termasuk inti dan tujuan yang ingin dicapai serta segala kelengkapanya seperti produk yang ditawarkan, strategi, kebijakan-kebijakan, sruktur organisasi, dan masih banyak lagi.
Nah, sedangkan dari indonetwork sendiri termasuk kedalam model bisnis berikut singkat penjelasanya:
1.      Community Provider
Tipe model bisnis yang menyediakan, menciptakan suatu komunitas dalam suatu situs atau website dengan kesamaan minat, ketertarikan, hobi dan sebagainya serta menciptakan forum diskusi atau komunikasi sebagai produk yang dijual oleh website.
2.      Transaction Broker
Indonetwork berperan sebagai penghubung anatara penjual dan pembeli dengan memfasilitasi proses transaksi antara produsen dan konsumen. Konsumen atau pembeli disini dapat langsung melihat dan mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian sesuai yang diinginkan.

D.    REVENUE MODEL/ JENIS PENDAPATAN

Berikut ini beberapa analisis mengenai revenue model atau jenis pendapatan indonetwork yang telah penulis amati, yaitu:
1.       Subscription Revenue Model.
Dalam hal ini, revenue didapatkan dari biaya keanggotaan atau subscription untuk suatu service dimana pelanggan membayar jumlah yang tidak berubah, biasanya per bulan, untuk mendapatkan suatu tipe layanan dengan persyaratan dan ketentuan serta prosedur dari indonetwork.
2.       Advertising Revenue Model
Dalam hal ini, pemilik situs e-commerce indonetwork atau pelaku e-business akan mendapatkan revenue dari pemasangan iklan di situs web oleh client-clientnya. Dengan kata lain perusahaan akan meminta fee kepada pihak lain untuk biaya pemasangan iklan pada situs web perusahaan.
3.       Komisi Transaksi (Transaction Fees)
Dimana perusahaan atau pelaku bisnis akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang dilakukan atau berdasarkan banyaknya transaksi yang dilakukan.
Contoh: ketika seseorang telah menjual peralatan elektroniknya melalui indonetwork, biasanya pemilik ini akan membayar transaction fee kepada broker maupun perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar