A.
MENGENAL INDONETWORK
Indonetwork adalah sebuah website
e-commerce yang dapat memudahkan anda dalam melakukan bisnis secara online. Perusahaan
yang berdiri sejak tahun 2001 silam telah memiliki anggota lebih dari 200.000
anggota dari seluruh wilayah di indonesia dengan fitur-fiturnya yang sangat
baik dan lengkap indonetwork dapat semakin memudahkan bisnis anda. Indonetwork
sendiri menyediakan berbagai layanan untuk dapat membantu anda dalam mengelolah
bisnis berikut jenis layanan indonetwork :
1.
Layanan Gratis
adalah layanan untuk anda jika anda
adalah anggota baru dalam indonetwork. disini anda bisa mencoba semua
fitur-fitur yang disediakan oleh indonetwork. Meski tidak semua fitur bisa anda
dapatkan dengan layanan gratis ini tapi setidaknya anda dapat merasakan
keuntungannya meski anda hanya terdaftar sebagai anggota gratis.
2.
Layanan SMS
layanan ini sangat membantu anda
untuk mendapatkan setiap informasi jika ada penawaran dagang atau pembelian di
dalam akun anda. dan sangat cocok untuk anda yang super sibuk karena anda dapat
menerima semua informasi dimanapun anda berada.
3.
Layanan Prioritas
Prioritas memastikan lebih banyak
pembeli yang akan melihat dan menemukan situs anda karena perusahaan dan produk
anda berada di depan puluhan ribu perusahaan dan produk lainnya.
Keuntungan anggota Prioritas adalah:
Keuntungan anggota Prioritas adalah:
·
Meningkatkan
pangsa pasar dan jumlah pembeli (buyer) karena Perusahaan berada di kelompok
atas Daftar Perusahaan Indonetwork.co.id. Saat ini jumlah anggota
Indonetwork.co.id lebih dari 263.519 perusahaan, Indonesia dan mancanegara.
·
Produk akan
lebih mudah ditemukan pembeli karena berada di depan ratusan ribu produk
lainnya dalam Direktori Dagang Indonetwork.co.id.
·
Meningkatkan
kredibilitas dan kepercayaan dari para pelanggan dan calon pelanggan.
·
Mendapatkan
layanan pemberitahuan SMS bila ada pesan/penawaran bisnis.
B. TIPE SISTEM
Indonetwork sendiri
merupakan sebuah website marketplace C2C dan B2B (business to
business). Dikatakan C2C karena indonetwork merupakan sistem komunikasi
dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat
tertentu yang memiliki karakteristik:
·
Pada lingkup
konsumen ke konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya
antar konsumen saja, seperti Lelang Barang.
·
Internet
dijadikan sebagai sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga,
kualitas dan pelayanannya.
·
Konsumen
juga membentuk komunitas pengguna atau penggemar suatu produk. Sehingga jika
ada ketidakpuasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas melalui
komunitas tersebut.
Dan
dikatakan pula B2B karena indonetwork merupakan sistem komunikasi bisnis antar
pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat
tertentu dengan karakteristik:
·
Informasi
disebarkan secar umum.
·
Pelayanan
yang diberikan bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak orang.
·
Pelayanan
yang diberikan berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, maka
pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut.
·
Pendekatan
yang dilakukan adalah Client Server, dimana Konsumen berada pada sisi Client,
dengan menggunakan Web Broses untuk mengaksesnya, dan Pelaku Usaha berada pada
sisi Server.
Anda bisa
menemukan banyak barang disini baik untuk keperluan pribadi atau untuk ekspor.
C. MODEL BISNIS
Menurut
Wikipedia model bisnis adalah
pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan
menangkap nilai-nilai baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai
lainnya. Karenanya model bisnis adalah inti suatu bisnis termasuk inti dan
tujuan yang ingin dicapai serta segala kelengkapanya seperti produk yang
ditawarkan, strategi, kebijakan-kebijakan, sruktur organisasi, dan masih banyak
lagi.
Nah,
sedangkan dari indonetwork sendiri termasuk kedalam model bisnis berikut
singkat penjelasanya:
1. Community Provider
Tipe model bisnis
yang menyediakan, menciptakan suatu komunitas dalam suatu situs atau website
dengan kesamaan minat, ketertarikan, hobi dan sebagainya serta menciptakan
forum diskusi atau komunikasi sebagai produk yang dijual oleh website.
2. Transaction
Broker
Indonetwork berperan sebagai penghubung anatara penjual dan pembeli
dengan memfasilitasi proses transaksi antara produsen dan konsumen. Konsumen
atau pembeli disini dapat langsung melihat dan mengamati berbagai tarif dan
syarat pembelian sesuai yang diinginkan.
D. REVENUE MODEL/ JENIS PENDAPATAN
Berikut
ini beberapa analisis mengenai revenue model atau jenis pendapatan indonetwork
yang telah penulis amati, yaitu:
1.
Subscription
Revenue Model.
Dalam hal ini,
revenue didapatkan dari biaya keanggotaan atau subscription untuk suatu service
dimana pelanggan membayar jumlah yang tidak berubah, biasanya per bulan, untuk
mendapatkan suatu tipe layanan dengan persyaratan dan ketentuan serta prosedur
dari indonetwork.
2.
Advertising
Revenue Model
Dalam hal ini,
pemilik situs e-commerce indonetwork atau pelaku e-business akan mendapatkan
revenue dari pemasangan iklan di situs web oleh client-clientnya. Dengan kata
lain perusahaan akan meminta fee kepada pihak lain untuk biaya pemasangan iklan
pada situs web perusahaan.
3.
Komisi
Transaksi (Transaction Fees)
Dimana perusahaan atau pelaku bisnis akan mendapatkan komisi dari setiap
transaksi yang dilakukan atau berdasarkan banyaknya transaksi yang dilakukan.
Contoh: ketika seseorang telah
menjual peralatan elektroniknya melalui indonetwork, biasanya pemilik ini akan
membayar transaction fee kepada broker maupun perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar